• admin smkn2bukittinggi
  • Kamis, 8-Desember-2022

SMK NEGERI 2 BUKITTINGGI SAMBUT KURIKULUM LEARNING X INTERNATIONAL SEBAGAI BENTUK LULUSAN SMK SIAP TERJUN BEKERJA DI ERA DIGITAL

SMK Negeri 2 Bukittinggi pagi ini Kamis, 8 Desember 2022 pada Pukul 10.00 wib bersuka cita atas kesempatan menyambut kedatangan tim PT. Learning X (LX) International yang berpusat di Korea Selatan. Kedatangan rombongan yang disambut langsung oleh Kepala SMK Negeri 2 Bukittinggi Ibuk. Dra.Meri Desna,M.Pd beserta Seluruh Guru, Karyawan beserta Peserta Didik yang diawali dengan penyambutan bersama Tari Pasambahan dengan Gatok Sacabiak Siriah yang di persembahkan kepada Tamu yang hadir.

SMK Negeri 2 Bukittinggi yang telah dilirik oleh perusahaan Korea Selatan ini bertujuan mendukung langkah nyata Program Direktorat  Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam hal penyiapan sumber daya manusia (SDM) berupa talenta-talenta digital yang mampu bersaing di industri nasional maupun global.

Learning X International ini kita sama tahu bahwa perusahaan yang sangat komprehensif untuk pembelajaran. E-learning terintegrasi secara langsung dengan perusahaan nasional dan internasional. “Pembelajaran yang diusung saat ini adalah berbasis proyek riil dari dunia kerja, yakni project based learning. Jadi siswa langsung diberikan proyek kerja, kelas-kelas harus sudah berubah menjadi seperti co-working space atau co-working group,”  Pembelajaran disusun sejalan dengan penguatan aspek soft skill, hard skill, dan karakter sesuai kebutuhan dunia kerja.

“Untuk menghasilkan talenta digital yang unggul dan kompetitif, SMK Negeri 2 Bukittinggi akan dijadikan Pilot Project dengan model pembelajaran yang berfokus pada Project Based Learning (PBL) melalui Kurikulum Merdeka Belajar,”yang bermuara pada penyiapan Jutaan Talenta Digital Indonesia dengan Kurikulum Merdeka SMK dan Platform Learning X”
Learning X merupakan sebuah program edukasi yang dikembangkan oleh LX International (sebelumnya LG International, Korea Selatan), sebagai suatu solusi edukasi berbasis industri dengan skalabilitas yang tinggi dan berkelanjutan. Insya Allah dalam waktu dekat Kerjasama secara riil akan di tindaklanjuti dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (link and match 8+i), yang berfokus pada penyelarasaan kurikulum Learning X dengan institusi pendidikan vokasi, peningkatan kompetensi di bidang teknologi dan informasi bagi tenaga pendidik dan peserta didik, penyelerasaan guru/praktisi di bidang teknologi informasi oleh Learning X, kolaborasi persiapan Pusat Pelatihan Talenta Digital, sertifikasi bagi pendidik dan peserta didik, penyediaan praktik kerja industri (prakerin) dan penyaluran tenaga magang, rekrutmen lulusan, pengadaan proyek industri oleh tenaga dan peserta didik vokasi, serta pemberian beasiswa vokasi.

Kita tunggu Hadirnya Kelas Digital Handal di SMK Negeri 2 Bukittinggi dibawah binaan Learning X International. Aamiin !

posted by : Syaiful. S.Pd